Pantai Kesirat - Surga Tersembunyi di Gunungkidul

Pantai Kesirat - Pantai yang sekarang mulai menjadi destinasi wisata pantai baru di Gunungkidul ini menyajikan pemandangan yang berbeda daripada beberapa pantai lainnya di Gunungkidul. Pantai yang dulunya adalah spot favorit untuk memancing ikan ini pun kini mulai beranjak menjadi destinasi baru bagi para traveller khususnya yang mempunyai hobi berkemah dan memancing.


Pantai Kesirat ini berbeda dengan pantai lainnya yang menyuguhkan panorama pasir putih dan ombak yang akan mengguyur jemari kaki Anda. Pantai Kesirat ini merupakan pantai yang condong bertipe tebing karang, dimana tidak ada pasir putih sebagai pembatas antara daratan dan lautan.


Seperti halnya pantai yang sudah terkenal lainnya, pantai kesirat mempunyai keunikan tersendiri yaitu adanya pohon satu pohon yang tumbuh di tepi tebing yang tampil dominan ketikan Anda sampai di pantai ini. Hamparan rumput nan hijau pun menjadi pemandangan tersendiri dan keunikan yang tak kalah dengan pantai lainnya. Dimana lagi ada surga semacam ini?

Pantai yang terletak di daerah Girikarto, Panggang, Gunungkidul ini adalah spot favorit untuk kalangan mancing mania yang biasa memancing dengan teknik rock fishing. Untuk menjadikan pantai ini sebuah spot favorit memancing, para penduduk lokal pun membangun sebuah pondok sederhana yang berada di tepi selatan dari pantai ini. Yak pondok tersebut rupanya adalah spot paling digemari oleh para mancing mania, dimana terdapat banyak jenis ikan yang bisa didapatkan jika memancing dari spot tersebut.

Selain menyajikan panorama yang berbeda ketikat berkunjung ke pantai ini, ternyata ada sedikit kebiasaan sakral yang secara turun temurun diwariskan oleh penduduk sekitar. Yak penduduk sekitar biasanya setahun sekali mengadakan tradisi yang sudah berjalan dari dahulu kala, yaitu ngalap berkah atau juga bisa disebut brubuh-brubuh. Tradisi tersebut berawal dari kebiasaan masyarakat lokasl yang sangat menghormati alam. Tradisi yang biasa dijalankan oleh masyarakat Jawa tersebut bermaksud sebagai ucapan terimakasih terhadap Sang Pencipta atas terjaga nya alam dan sebagai ucapan terimakasih atas berkah yang diberikan oleh alam. 

Sunset Pantai Kesirat - Satu lagi yang tak kalah fenomenal dan amat sangat indahnya adalah ketika menikmati matahari tenggelam di senja yang syahdu. Betapa eloknya ciptaan Tuhan ini, indahnya pemandangan matahari tenggelam dengan warna orange yang berangsur kemerahan yang akhirnya tenggelam dengan ditemani pohon yang berdiri tegak di tepi karang seakan mengucapkan salam perpisahan untuk menyambut hari esok yang lebih cerah. 

Comments

Popular Hitz Info

Platinum Kitchen, Bar & Lounge

Liquid Cafe Jogja

Putul - Kuliner Ekstrim Masyarakat Gunungkidul

Seribu Batu Songgo Langit - Rumah Hobbit Jogja